Kesiswaan

PROGRAM KESISWAAN
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan/atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan Pengembangan diri dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta kegiatan kepramukaan, kepemimpinan, dan kelompok ilmiah remaja.
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran, penilaian kegiatan pengembangan diri dilakukan secara kualitatif, tidak kuantitatif seperti mata pelajaran.

Kegiatan Pengembangan Diri di SMP ISLAM RADEN PATAH DEPOK diwujudkan untuk mengekspresikan kegiatan yang mengarah pada Pola Pembinaan Kesiswaan melalui 4 jalur pembinaannya, yaitu :

  1. Kegiatan Pengembangan Diri yang termasuk didalam Program Kegiatan OSIS
  2. Kegiatan Pengembangan Diri yang termasuk ke dalam Pembinaan kegiatan Ekstra Kurikuler
  3.  Kegiatan Pengembangan Diri yang termasuk ke dalam Pembinaan Wawasan Wiyatamandala
  4. Kegiatan Pengembangan Diri yang termasuk ke dalam kegiatan Khas/khusus